PRAKERIN TKJ KRISMA KLATEN 2014 PADA PREGASTORE (CV.PREGASOLUTION,Tbk) DISUSUN OLEH DWI CAHYATI KELAS XI TKJ-A NIS : 3904 PRAKERIN TKJ - KRISMA 2014 PADA CV. PREGASOLUTION, Tbk: MINGGU KETIGA SELASA, 18 JENIS - JENIS PRINTER

Minggu, 16 Februari 2014

MINGGU KETIGA SELASA, 18 JENIS - JENIS PRINTER

Info Tentang Pengertian dan Jenis-Jenis Printer - Printer yang merupakan sebuah Hardware (perangkat keras) yang dihubungkan ke komputer. Printer mempunyai fungsi sebagai alat untuk menghasilan/menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa gambar atau tulisan dari komputer ke kertas atau sejenisnya. Printer biasanya ada beberapa bagian dan juga ada beberapa jenis.


Beberapa bagian dari Printer, yaitu:
* Picker sebagai alat mengambil kertas dari Tray.
* Tray tempat menaruh kertas.
* Tinta atau toner sebagai alat pencetak, yang digunakan untuk menulis pada kertas.

Toner dan Tinta mempunyai perbedaan sistem;
- Toner atau Laser alat pencetak yang butuh pemanasan
- Tinta atau Inkjet alat pencetak yang gak butuh pemanasan, hanya pembersihan pada print-head printer tersebut.

Sedangkan untuk Jenis Printer ada empat macam. Berikut penjelasan lebih lengkap tentang jenis-jenis printer:

1. Printer Dot Matrix
Printer Dot Matrix
Printer Dot Matrix merupakan printer yang menggunakan pita sebagai alat percetakan. Karena menggunakan pita untuk menampilkan output ke kertas, hasil percetakan printer dengan dot matrix agak kasar dan kurang bagus. Dengan menggunakan printer ini, cetakan dapat langsung dirangkap dengan karbon. Sebab sistem pencetakannya masih menggunakan sistem ketukan. Berhubung menggunakan pita sebagai sumber warnanya, maka warna yang dapat dihasilkan pun tidak bervariasi. Hanya hitam, biru, dan merah saja. Dan jarang sekali yang dapat menggunakan ketiga warna ini secara sekaligus.

Resolusi cetaknya masih sangat rendah, karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan.
Kecepatan kinerja printer jenis ini diukur dengan jumlah karakter yang bisa dicetak per detik dengan satuan cps (character per second). Beberapa printer jenis ini berkecepatan 500 cps.
Printer Dot Matrix Epson

Untuk menghubungkan dengan CPU masih menggunakan port pararel.
Meskipun saat ini teknologi printer sudah semakin canggih, namun printer dot matrix masih diproduksi. Sebab printer dot matrix dapat digunakan untuk mencetak dokumen tembusan, yang biasanya digunakan untuk membuat kwitansi, bon, dan dokumen keuangan lainnya.

* Kelebihan :
- Dapat mencetak rangkap sekaligus.
- Dapat mencetak ukuran kertas yang lebar.
- Biaya printer dan tinta (Pita) murah.

* Kelemahan :
- Dpi dan ppm rendah
- Geraknya sangat lamban
- Suaranya berisik ketika bekerja
- Warna yang dihasilkan tidak bervariasi.

2. Printer Ink Jet - Desk Jet - Buble Jet
Printer InkJet

Inkjet Printer adalah alat cetak yang menggunakan tinta untuk mencetak. Inkjet yang tersedia di pasaran saat ini memiliki kemampuan untuk mencetak sampai ukuran kertas yang sangat besar, dan dengan kualitas yang sangat baik.

Resolusi printer inkjet saat ini dapat mencapai 5760×1440 dpi. Pada printer jenis Ink jet menggunakan teknologi dor on demand, yaitu dengan cara menyemprotkan titik titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil. Teknologi lainnya yang dikembangkan oleh produsen printer seperti Canon dan HP dengan menggunakan panas, panas tersebut dapat membuat gelembung-gelembung tinta sehingga jika semakin panas akan semakin menekan tinta ke nozzle yang ditentukan dan tercetak pada kertas. Karena menggunakan tinta cairan hasil cetaknya menunggu beberapa detik agar bisa kering.
Printer InkJet Epson
Jenis printer ink jet ini penempatan dan pengisian tintanya bisa dimodifikasi dengan teknik infus, yaitu dengan menambahkan tabung tinta khusus pada bagian luar printer dan disambung dengan selang kecil untuk dihubungkan pada bagian pencetak di mesin printer.

* Kelebihan:
- Dpi & ppm lebih tinggi dari pada dot matrik
- Lebih mudah mencetak gambar dan warna
- Kemampuan mencetak sampai kertas yang lebar dengan kualitas yang baik

* Kelemahan :
- Tidak dapat mencetak rangkap
- Biaya operasional lebih mahal
- Waktu mencetak menjadi lebih panjang

3. Printer Laser Jet
Printer Laser Jet HP
LaserJet merupakan jenis printer yang paling bagus kualitasnya di banding dua jenis printer sebelumnya. Alat mencetaknya tidak menggunakan tinta melainkan menggunakan bubuk toner dan pencetakan menggunakan infra merah.

Printer ini juga menawarkan kecepatan pencetakan yang tinggi. Bahkan mesin yang tergolong kelas rendah dari golongan laser inipun masih memiliki kecepatan yang tinggi dibandingkan dengan printer Ink Jet atau Dot Matrix. Minimal dua kali lebih cepat dari printer inkjet. Kerja printer laser mirip dengan mesin fotocopy, yaitu menggunakan photographic drum. Kualitas cetakan yang dihasilkan selain cepat juga cukup tajam.
Printer Laser Jet Epson

Printer laser sangat tepat digunakan bagi mereka yang frekuensi mencetaknya sangat tinggi. Biasanya adalah perkantoran perkantoran. Namun, tidak menutup juga home user menggunakan printer laser. Hanya saja untuk printer laser berwarna yang kualitasnya sama dengan inkjet, harganya dapat dua kali lebih besar dari printer inkjet itu sendiri.

* Kelebihan :
- Dpi, ppm sangat tinggi
- Efisien untuk mencetak hitam putih
- Kapasitas warna lebih banyak dibanding printer indoor lainnya.
- Kemampuan mencetak yang sangat cepat

* Kelemahan :
- Biaya operasional tinggi
- Tidak dapat digunakan secara terus menerus.

4. Thermal Printer

Thermal Printer
Thermal printer sangat berbeda dan berbeda dari printer inkjet normal atau bahkan printer laser. Sama seperti namanya, thermal printer menggunakan panas untuk mencetak diatas kertas, bukan cartridge tinta yang biasa digunakan oleh printer jenis lainnya. Dengan teknologi ini, membuat thermal printer tidak bising (malahan beberapa jenis tidak mengeluarkan suara).

Printer ini juga dapat mencetak sangat cepat karena tidak menggunakan pin-pin seperti pada dot matrix printer. Printer ini memiliki harga yang lebih tinggi diatas dot matrix, namun justru dengan kelebihan yang dimiliknya tadi menyebabkan thermal printer banyak dipakai.

* Beberapa kegunaan thermal printer adalah:
- cetak struk pada SPBU
- mesin antrian
- mesin ATM
- kios informasi
- sistem point of sales seperti di kasir
- Dll.

Untuk penggunaan Printer ini tergantung dari efisiensi, kebutuhan, kualitas dan kuantitas hasil print-out yang kita inginkan. Itulah sedikit penjelasan tentang 4 Jenis Printer, semoga bermanfaat. Disalin StarData Service Center dari berbagai sumber igcomputer.com belajar-komputer-mu.com dan google.com.
  

REVIEW PRINTER

Review Brother HL-2130: Mungil, Sigap, dan Murah


Banyak pengguna tidak membutuhkan printer yang dapat menerima fax atau dapat menscan, mereka hanya memerlukan printer yang irit dan cepat.
Brother HL-2130 adalah printer laser entry level yang ditargetkan untuk kantor rumahan (SOHO). Printer ini memiliki bentuk yang sangat compact, sehingga cocok ditempatkan di ruangan yang kecil, atau bahkan kamar seorang mahasiswa. Lebih menarik lagi, HL-2130 ditawarkan dengan harga 700 ribuan rupiah saja. Lalu, apa lagi yang ditawarkan printer ini?

Spesifikasi Brother HL-2130

  • Single Function Laser Printer.
  • Mencetak hitam putih sampai 2400×600 dpi, dengan kecepatan sampai 20ppm.
  • Paper tray 250 lembar.
  • Manual feed slot.
  • Konektivitas USB.

Product Tour


Secara bentuk, HL-2130 sangat serupa dengan HL-2270DW yang pernah masuk lab JagatReview. Printer ini sangat ringkas tanpa ada tonjolan-tonjolan tray.

Tray kertas dapat memuat 250 lembar kertas A4, dan di atasnya Anda dapat menemukan manual feeder slot. Manual feeder dapat digunakan untuk ukuran-ukuran kertas yang kurang umum, seperti amplop, atau kertas yang tidak muat di paper tray (seperti folio). Kami sangat menyukai bagaimana printer dapat dioperasikan tanpa ada tray yang menonjol, seperti kebanyakan printer lain.

Anda tak akan menemukan port yang aneh pada printer ini, hanya sebuah port USB di belakang printer. Ini dikarenakan HL-2130 memang tidak dilengkapi dengan konektivitas jaringan maupun Wi-Fi untuk menekan biaya produksi. Tombol user interface juga sangat minim, hanya ada satu tombol dengan empat lampu indikator yang cukup jelas.

Performa

Brother HL-2130 adalah printer laser monokrom karena itu kami hanya akan menguji satu facet tersebut. Dua parameter yang diuji adalah kecepatan dan kualitas pencetakan dokumen. Kami menguji performa printer menggunakan testbed Windows 7 dengan koneksi via kabel USB.
Pengukuran membedakan waktu persiapan (click to paper pull) dengan proses pencetakan sendiri. Proses pencetakan dihitung dari sejak kertas pertama ditarik sampai cetakan terakhir selesai.
Durasi total pencetakan HL-2130 dapat dibilang sama dengan HL-2270DW. Untuk pencetakan normal sebanyak 10 lembar, HL-2130 memerlukan waktu sekitar 11+30 detik. Dalam arti, 11 detik untuk persiapan dan 30 detik untuk proses pencetakan. Ini berarti HL-2130 memenuhi klaim kecepatan cetak 20ppm.
Kualitas pencetakan HL-2130 sendiri sangat baik. Teks tegas dan warna-warna hitam pada grafik sangat pekat. Anda tak akan kecewa dengan hasil cetakan printer ini.

Kesimpulan


Printer laser tidak lagi semahal beberapa tahun lalu. Jika Anda hanya akan melakukan pencetakan monokrom, printer laser merupakan pilihan yang sangat ekonomis berkat daya tahan toner yang baik. Toner HL-2130, misalnya, diklaim dapat bertahan sampai 700 halaman.
Harga HL-2130 sendiri setara dengan printer laser entry level dari merek lain. Namun, HL-2130 tetap memiliki kelebihan. Ukurannya adalah yang paling mungil dibandingkan pesaing di kelasnya, kecepatan cetaknya juga termasuk tinggi. Ditambah layanan purna jual yang baik, maka tak ada alasan mengapa Anda tak dapat menyertakan Brother HL-2130 dalam pertimbangan pembelian printer Anda.
Kelebihan:
  • Kualitas cetak teks sangat baik.
  • Harga bersahabat.
  • Mudah digunakan.
  • Ukuran kecil.
Kekurangan:
  • Sedikit banding pada gradasi greyscale

Canon Selphy CP810: Mencetak Foto Lebih Cepat


Menjelang datangnya hari Raya Idul Fitri, berbagi keceriaan bisa diungkapkan pula melalui cetakan foto. Saat-saat berbuka puasa bersama, bermaaf-maafan, merupakan momen kebersamaan yang sangat indah untuk dikenang. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut PT Datascrip meluncurkan Canon SELPHY Compact Photo Printer CP810 yang bisa mencetak  foto secara cepat di mana saja. Hasil foto yang dicetak dapat langsung dibagikan dan menjadi kenangan yang tak terlupakan.
Mencetak langsung dari kamera, telepon genggam atau perangkat penyimpan data lainnya dapat dilakukan dengan instan melalui fitur pictbridge, bluetooth (opsional) ataupun memori slot. Dengan balutan desain yang ringkas, SELPHY CP810 juga menawarkan fitur photo layout dan built-in image enhancement, serta mudah untuk dibawa dan tahan terhadap segala kondisi.

Fitur Baru


Tampil dengan LCD sebesar 2,7 inci dan dilengkapi grid lines, pengguna bisa mengatur tampilan foto sesuai keinginan dengan nyaman. SELPHY CP810 dapat mencetak hingga 28 ukuran foto yang bisa digunakan untuk keperluan ID Card (mengikuti standar ICAO). Bahkan printer ini memiliki kemampuan untuk mix ukuran foto yang bervariasi di atas lembaran kertas foto yang sama. Dengan demikian, SELPHY CP810 cocok digunakan untuk berbagai keperluan seperti sekolah / tempat kursus / perkantoran atau organisasi yang membutuhkan pencetakan foto ID dua orang yang berbeda dalam satu waktu agar lebih efisien dan hemat biaya. Selain itu dengan pilihan menu cropping, para pengguna bisa mengatur image yang akan diprint sesuai keinginan atau custom. Ataupun untuk kebutuhan rumah tangga, dapat mencetak berbagai macam foto pribadi dan mengeditnya dengan cepat dan mudah.

Kemudahan Mencetak

Kebutuhan untuk mengabadikan foto tidak hanya dari kamera saja, melainkan dapat pula dilakukan dari berbagai perangkat smartphone maupun tablet PC. Oleh karena itu, SELPHY CP810 dilengkapi dengan slot yang dapat membaca berbagai macam memory card, seperti SD card, SDHC card, SDXC card, MMC card, MMCplus card, HC MMCplus card, CF card, dan Micro drive. Cukup memasukkan kartu memori ke dalam slot yang sudah tersedia, maka printer secara otomatis akan membaca file foto yang ada di dalamnya. Selain itu, printer ini memiliki kemampuan mencetak foto secara nirkabel dengan memanfaatkan perangkat lain yang terhubung dengan dongle Bluetooth BU-30 yang dijual terpisah.
Tombol navigasi telah disediakan untuk memudahkan Anda memilih foto yang diinginkan, dan tinggal menekan tombol Print untuk mencetak fotonya. Atau apabila Anda ingin melakukan editing foto terlebih dahulu, SELPHY CP810 telah menyediakan tombol Edit. Ada berbagai macam efek yang dapat ditambahkan ke dalam foto untuk menghasilkan gambar yang lebih dramatis, mulai dari image optimize, blue sky maupun sunset.

Dari segi penampilan, SELPHY CP810 memiliki bobot 180 gram dan dimensi sekitar 178x127x60,5mm. Dengan kata lain, SELPHY CP810 jauh lebih ringan dan lebih ringkas dibandingkan dengan SELPHY CP800. Anda dapat mencetak foto dengan menggunakan SELPHY CP810 meskipun sedang di dalam perjalanan. Karena printer ini telah disediakan aksesori tambahan berupa Battery Charger Adapter CG-CP200 & Battery NB-CP2L yang dapat membantu Anda mencetak foto tanpa harus repot mencari colokan listrik. Untuk menghindarkan foto dari debu, di bagian belakang printer ini telah dilengkapi dengan Dust Protection Cover DPC-CP100 yang mudah dipasang dan dilepas.
“Kehadiran Canon SELPHY CP810 dapat memenuhi kebutuhan mencetak foto untuk berbagai kalangan, mulai dari rumah tangga hingga kalangan SOHO. Dimensinya yang ringkas, tampilannya yang menawan, serta kemampuannya yang dapat diandalkan, SELPHY CP810 menjawab semua kebutuhan mencetak foto dengan kualitas terbaik dan biaya mencetak yang lebih hemat,” Ujar Merry Harun – Canon Division Director, pt. Datascrip.
Pt. Datascrip sebagai distributor tunggal produk Canon SELPHY CP810 memasarkan produk ini dengan harga Rp1.225.000,-.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar