PRAKERIN TKJ KRISMA KLATEN 2014 PADA PREGASTORE (CV.PREGASOLUTION,Tbk) DISUSUN OLEH DWI CAHYATI KELAS XI TKJ-A NIS : 3904 PRAKERIN TKJ - KRISMA 2014 PADA CV. PREGASOLUTION, Tbk: MINGGU KEDUA SENIN,10 REVIEW HARDDISK 2014

Jumat, 14 Februari 2014

MINGGU KEDUA SENIN,10 REVIEW HARDDISK 2014

Review Western Digital Red 2.5″ 1 TB: Hard Disk Kencang untuk NAS Berukuran Kecil

Menggunakan hard disk pada sebuah perangkat memang tidak boleh sembarangan. Setidaknya hal tersebutlah yang dianut oleh Western Digital. Misalkan saja untuk sebuah hard disk sistem komputer, sama sekali tidak direkomendasikan untuk menggunakan Western Digital Green atau hard disk lainnya yang memang khusus diproduksi untuk menyimpan data. Hal yang sama pun berlaku untuk Network Attached Storage (NAS).
WD Red  2.5 inch
Dengan desain NAS yang saat ini mulai memiliki dimensi yang lebih kecil, tentunya juga akan menggunakan hard disk yang lebih kecil pula ukurannya. Oleh karena itulah, Western Digital mengeluarkan WD Red WD10JFCX yang memiliki dimensi 2,5 inci. Hard disk khusus NAS ini memang di desain agar dapat berjalan selama 24 jam non stop. Oleh karenanya, riset WD sendiri membuktikan bahwa hard disk yang satu ini memiliki MTBF (Mean Time Before Failure/Prediksi Umur Pakai) yang sangat panjang, yaitu sebanyak satu juta jam.
WD Red  2.5 inch - Belakang
Hard disk khusus NAS dengan ukuran 2,5 inci pertama di dunia ini menggunakan interface SATA 6 Gbps. Dan untuk mendongkrak kinerjanya, telah terpasang memori cache sebesar 16 MB. Pada hard disk yang satu ini pun telah dilengkapi dengan NASware 2.0, yang berfungsi untuk melindungi komponen hard disk dari kurangnya daya yang masuk serta mengurangi error saat menulis dan membaca data akibat kekurangan daya.
WD Red  2.5 inch - SATA Port
Lalu bagaimana dengan kinerjanya? Sebelum kita masuk ke segmen yang satu ini, ada baiknya kita melihat platform pengujian yang kami pakai dalam melakukan serangkaian pengujian pada WD Red 2,5″ ini.

Platform Pengujian Hard Disk Western Digital Red 1 TB

  • Motherboard: Intel H67 LGA 1155
  • Prosesor: Intel Core i3 2100 3,1 GHz
  • RAM: Kingston DDR3 8 GB


  • Graphics Card: AMD Radeon HD 5550
  • Power Supply: Corsair CX 500

  • Input Device: Genius Keyboard and Mouse
  • Monitor: 18,5 inch LCD
  • Sistem Operasi: Microsoft Windows 7 64 bit

    Pengujian


    Kami kembali menghadirkan WD Slim dan Red 3 TB yang pernah kami uji sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik kinerja WD Red 2,5″ ini dibandingkan dengan kedua saudaranya pada sisi notebook dan desktop.

    HD Tune

    WD Red  2.5 inch - HDTune Read
    WD Red  2.5 inch - HDTune Write
    WD Red  2.5 inch - HDTune Access Time
    WD Red  2.5 inch - HDTune Burst Rate
    Kinerja dari hard disk yang satu ini memang cukup baik untuk ukuran perangkat 2,5 inci.

    I/O Meter

    WD Red  2.5 inch - IOMeter Random
    WD Red  2.5 inch - IOMeter Sequential
    Pada I/O Meter, ternyata kinerja WD Slim dan Red 2,5″ terpaut hanya sedikit.

    Crystal Disk Mark

    WD Red  2.5 inch - Crystal Disk Mark Read
    WD Red  2.5 inch - Crystal Disk Mark Write

    Kinerja dari Crystal Disk Mark pun juga mirip dengan kedua benchmark sebelumnya.

    PCMark 7

    WD Red  2.5 inch - PCMark 7 Score
    WD Red  2.5 inch - PCMark 7 Details
    Ternyata saat disimulasikan untuk dijalankan sebagai hard disk sistem, kinerja dari WD Red 2,5 inci mampu mengungguli WD Slim 7mm yang memiliki kapasitas yang sama.

    Tes Transfer

    WD Red  2.5 inch - Tes Transfer
    Terakhir, pada kinerja real world, kedua hard disk untuk notebook ini memang memiliki kinerja yang kurang lebih sama.

    Kesimpulan

    Maraknya penjualan NAS yang ada saat ini membuat salah satu produsen hard disk terbesar di dunia, Western Digital, mengeluarkan produknya yang memang khusus ditujukan untuk perangkat network yang satu itu. Yang membuatnya unik, ternyata hard disk khusus NAS ini diproduksi tidak hanya dalam dimensi 3,5 inci, tetapi juga dengan dimensi 2,5 inci.
    Kinerja dari WD Red 2.5 inci ini memang sangat baik. Dengan dimensi yang kecil, hard disk ini mampu berlari diatas 110 MB/s dan mampu bertahan dari arus daya yang kurang stabil berkat feature NASware 2.0-nya. Dengan MTBF yang panjang, hard disk ini memang sangat menarik digunakan pada setiap enclosure NAS yang ada.
    Sayangnya, hard disk yang satu ini belum tentu dikeluarkan oleh Western Digital untuk tersedia secara retail. Padahal, dengan feature yang ada, hard disk ini cocok digunakan pada setiap enclosure HDD eksternal yang seringkali memiliki arus listrik yang kurang stabil. Oleh karena itu, kita harus masih menunggu NAS mana yang menggunakan hard disk yang satu ini.

    Kelebihan:

    + NASware 2.0
    + Kinerja cukup baik
    + MTBF panjang

    Kekurangan:

    - Belum tersedia secara retail

     Data Teknis

    Produsen Western Digital
    Info http://www.wdc.com
    Harga -
    Distributor Western Digital Indonesia
    Telepon -


    Cache 16 MB
    Kapasitas 1 TB
    Interface SATA 6 Gbps

Tidak ada komentar:

Posting Komentar