PRAKERIN TKJ KRISMA KLATEN 2014 PADA PREGASTORE (CV.PREGASOLUTION,Tbk) DISUSUN OLEH DWI CAHYATI KELAS XI TKJ-A NIS : 3904 PRAKERIN TKJ - KRISMA 2014 PADA CV. PREGASOLUTION, Tbk: MINGGU KELIMA MINGGU, 02 TRIK ACRONIS

Senin, 03 Maret 2014

MINGGU KELIMA MINGGU, 02 TRIK ACRONIS

Cara Membuat USB Boot Acronis

Pengertian Acronis
Acronis True Image home merupakan aplikasi yang memiliki fungsi sama seperti  aplikasi Norton Ghost. Dengan Acronis True Image home kita bisa melakukan backup komputer kita, kemudian bila komputer mengalami masalah entah itu disengaja atau tidak disengaja, kita bisa recovery ke waktu kita melakukan backup, jadi kita tidak perlu instal ulang komputer.
Acronis True Image Home adalah sebuah perangkat lunak yang dapat membantu kita membuat gambar yang tepat dari hard disk atau partisi yang terpisah. Acronis True Image Home ini juga menyediakan sistem yang berkesinambungan dan perlindungan data,seperti mencegah kehilangan data.  Pengguna dapat dengan mudah menerapkan backup / strategi pemulihan hanya dalam beberapa klik, dan menentukan backup untuk beberapa tujuan termasuk Acronis Secure Zone pada PC mereka, drive eksternal, dll.

Fungsi
  Fungsi Backup dan restore ini adalah mengembalikan file anda apabila sewaktu-waktu ada masalah. Contohnya saja jika File system windows anda terkena virus dan sudah tidak bisa di tolong lagi pasti solusi anda apabila belum di backup adalah Install Ulang. Dengan Install ulang maka anda akan disusahkan dengan mencari dan menginstall driver dan applikasi lainnya. Jadi sewaktu-waktu apabila system anda bermasalah bisa dikembalikan seperti semula.

Fitur-fitur Acronis True Image
1.      Backup
Fitur Backup ini dapat digunakan untuk membackup data, baik seluruh hardisk, pertisi tertentu termasuk sistem operasi dan program yang di install didalamnya,yang bsia kita restore nantinya tanpa harus install windows dan programnya lagi.
2.      Recovery
Recovery ini dimaksudkan untuk recovery data/partisi yang mungkin rusak dari arsip backup (image) yang telah dibuat sebelumnya, jadi bukan untuk recovery file sepertiumumnya.
3.      Validasi arsip/data backup
Fitur ini untuk mengecek (validasi) backup data yang telah dibuat. Tetapi tidak hanyaitu saja, kita juga bisa mengexplore data didalamnya, me-Mount Image ( menjadikanimage yang telah dibuat menjadi Driver virtual yang bisa kita akses seperti drive biasa, serta UnMount juga disediakan.
4.      Membuat bootable media
  • Download aplikasi Acronis dalam bentuk file ISO dimari
  • Untuk membuat USB bootable, anda bisa menggunakan aplikasi FlashBoot 2.0b, silakan download dimari
  • Setelah selesai download jalankan aplikasi Flashboot 2.0b, kemudian Klik Next
    ac1
  • Pilih CD -> USB
    ac2
  • Pilih “Image File”, kemudian browse ke image ISO yang telah anda download tadi, kemudian klik next
    ac3
  • Pilih USB device yang anda gunakan
    ac4
  • Isikan sbb:
    volume label: ACRONIS
    Map to (at boot time): A
    File System: FAT32
    kemudian klik next
    ac5
  • Kemudioan klik “format now”
    ac6
  • Tunggu hingga proses selesai seperti dibawah
    ac7
Untuk memulai menjalankan Acronis, silakan booting computer anda dan pastikan first booting option anda sudah terarah pada Flashdisk
  • Pilih “Acronis True Image”
    ac8
  • Klik “backup” kemudian klik “Data and Partition Backup
    ac9
  • Pilih partisi tempat anda menginstall Windows/OS, kemudian klik next
    ac10
  • Pilih “create new backup archive”, kemudian klik “browse”  untuk lokasi penyimpanan data backup, serta tuliskan juga nama file backup anda (pastikan file akan tersimpan di partisi yang berbeda), setelah itu klik OK
    ac11
  • Pilih “Create The Full Backup Image Archive”, kemudian klik next
  • Klik tombol “option” jika diperlukan, seperti untuk pemilihan Tingkat Compression,
Catatan:
None – File Backup sama dengan file system yang anda Backup
Normal – tingkat kompresi standar, waktu RESTORE Standar (Recommended)
High – File Backup lebih kecil, tapi saat RESTORE makan waktu lama
  • Klik OK/Next terus sampai dengan muncul tombol Processed
  • Tunggu beberapa saat hingga selesai (lama backup tergantung pada besarnya file anda), kemudian klik OK
  • Tutup aplikasi dan restart PC
Untuk cara restore-nya, saya rasa tidak perlu saya jabarkan lagi disini, karena aplikasi isi begitu mudah dugunakan, sebab Interfacenya mirip sekali dengan aplikasi2 lainnya di Windows yang anda gunakan saat ini J
Note:
Beberapa kawan saya ada yang bertanya, “Mengapa tidak menggunakan System Restore yang terdapat pada Existing OS?”
Jawaban: Menggunakan Acronis, image-nya bisa disimpan di DVD, flashdisk, ato partisi HD yang lain dengan mudah. Bisa juga sebagai cloning, asal spec  komputer dan ukuran HDnya sama :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar